Pendidikan Agama Kristen di Era Kompetitif dan Peran Guru Kristen
DOI:
https://doi.org/10.55626/jti.v4i1.79Keywords:
Pendidikan Agama Kristen, era kompetitif, guru KristenAbstract
Artikel ini membahas tentang era kompetitif yang tidak terhindarkan dan makin dipertegas dengan kemajuan zaman yang menuntut persaingan di berbagai arena hidup manusia. Dengan menekankan tentang persaingan, era kompetitif turut menentukan kemajuan dan kemunduran, keberhasilan dan kegagalan, keberlanjutan atau kegagaln manusia dalam segala aspek hidupnya. Dalam konteks itu pulalah eksistensi pendidikan Kristen turut ditantang. Terkait itu, maka tujuan penelitian ini adalah menyelidiki tentang era kompetitif dan tantangannya, serta menanggapinya melalui peran guru Kristen yang berkualifikasi baik untuk menjawab tantangan zaman. Untuk hal itu, diperlukan figur guru yang berkompeten dan siap berkompetisi dalam persaingan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian literatur yang berorientasi pada sumber-sumber pustaka yang terlait dengan topik penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa, seorang guru Kristen harus berkompetisi sebagai seorang ahli pendidikan yang mendidik secara profesional, teolog (ilmuwan Kristen) yang cakap memberi pencerahan tentang iman Kristen, serta seorang etikus Kristen yang menunjukkan teladan hidup yang baik menurut iman Kristen untuk diteladani.
References
Andriani, Windy. “Penggunaan Metode Sistematik Literatur Review Dalam Penelitian Ilmu Sosiologi.” Jurnal PTK dan Pendidikan 7, no. 2 (2022): 124–133.
Arifianto, Yonatan Alex. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 45–59. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/84.
Asmani, Jamal Ma’amur. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan). Jogjakarta: DIVA Press, 2014.
Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran & Praktek Pendidikan Agama Kristen Dari Plato Sampai Ignatius Loyola. 13th ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2013.
Enklaar, I.H., and E.G Homrighausen. Pendidikan Agama Kristen. 25th ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.
Faisal, Sanapiah. Format-Format Penelitian Sosial. 4th ed. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1999.
Gea, Leniwan Darmawati, and I Putu Ayub Darmawan. “Tantangan Humanisme Bagi Pendidikan Agama Kristen Abad 21 Dan Tanggap Teologisnya.” Shanan 5, no. 1 (2021): 1–14. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/2621/1769.
Groome, Thomas H. Christian Religious Education. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.
Ipiana, and Reni Triposa. “Kajian Teologis Terhadap Peran Guru Agama Kristen Sebagai Pembimbing Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik.” Antusias: Jurnal Teologi dan Pelayanan 6, no. 2 (2020): 121–134. https://doi.org/https://doi.org/10.46965/jch.v3i1.11.
Kartika, Qori. “Dinamika Lembaga Pendidikan Mempertahankan Eksistensi Pada Era Kompetitif.” Journal of Islamic Education Management 3, no. 1 (2017): 112–131. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare.
Lase, Delipiter. “Keterampilan Dan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Revolusi Industri 4.0.” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan 15, no. 2 (2022): 53–66. http://jurnal.sttsundermann.ac.id/index.php/sundermann/article/view/98.
Ndruru, Beriaman, and Mozes Lawalata. “Signifikansi Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Teknologi Terhadap Karakter Rohani Peserta Didik.” Jurnal Teologi Cultivation 7, no. 1 (2023): 152–169. http://www.e-journal.iakntarutung.ac.id/index.php/cultivation/article/view/2273.
Nggebu, Sostenis. “Guru Agama Kristen Sebagai Teolog Praktika Garis Depan Bagi Siswa.” Didache: Journal of Christian Education 3, no. 1 (2022): 1–20. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/DJCE/article/view/495.
Oktarina, Nina. “Peranan Pendidikan Global Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Nina.” Dinamika Pendidikan 2, no. 3 (2007): 189–198. https://www.neliti.com/publications/61996/peranan-pendidikan-global-dalam-meningkatkan-kualitas-sumber-daya-manusia.
Oviyanti, Fitri. “Tantangan Pengembangan Pendidikan Keguruan Di Era Global.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2013): 267–282. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/562.
Pazmino, Robert W. Fondasi Pendidikan Kristen: Sebuah Pengantar Dalam Perspektif Injili. Bandung: STT Bandung dalam kerja sama dengan BPK Gunung Mulia, 2012.
Rezky, Monovatra Predy, Joko Sutarto, Titi Prihatin, Arief Yulianto, and Irajuana Haidar. “Generasi Milenial Yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital (Society 5.0 Dan Revolusi Industri 4.0) Di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia.” In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), 1118–1125. Pascasarjana UNNES, 2019. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/424.
Sagala, Lenda Dabora J.F., Kiki Priskila, Aprianty Susanty, and Julia Kristina. “Profesionalitas Guru Agama Kristen Berdasarkan Surat 1 Timotius.” Didache: Journal of Christian Education 1, no. 1 (2020): 25–34. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/DJCE/article/view/292.
Seeley, Levi. History of Education (Terjemahan). Edited by Sutrisno. Yogyakarta: Penerbit Indoliterasi, 2021.
Simanjuntak, Ramses. “Memaknai Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Masa Kini.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 9, no. 1 (2019): 27–44. https://journal.sttni.ac.id/index.php/SDJT/article/view/56.
Sirait, Junio Richson, and Hestyn Natal Istinatun. “Analisis Relevansi Pendidikan Agama Kristen Di Universitas.” Jurnal Indragiri 2, no. 1 (2022): 26–33. https://ejournal.indrainstitute.id/index.php/jipm/article/view/120.
Sudarmanto, G. Menjadi Pelayan Kristus Yang Baik (Be A Good Minister of Christ): Sebuah Refleksi Teologis Menghadapi Tantangan Moral & Doktrinal. Batu, Malang: Departemen Multimedia (Bidang Literatur) YPPII, 2009.
Tafona’o, Talizaro. “Kepribadian Guru Kristen Dalam Perspektif 1 Timotius 4:11-16.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3, no. 1 (2019): 62–81.
Tefbana, Abraham. “Peran Orangtua Mendidik Spiritual Anak Di Era Revolusi Industri 4.0 Berdasarkan Ulangan 6:4-9 (Tinjauan Teologis Dan Pedagogis Dalam Pendidikan Agama Kristen).” Luxnos 7, no. 1 (2021): 117–131.
Telaumbanua, Arozatulo. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (2018): 219–231.
———. “Profil Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Pemimpin Yang Melayai.” Jurnal Teruna Bhakti 3, no. 1 (2020): 48–61. http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/article/view/54.
Tindagi, Magdalena Grace K. “Yesus: Sosok Guru Agung (Kompetensi Dan Profesionalitas Dasar Guru PAK).” Missio Ecclesiae 5, no. 1 (2016): 1–21. http://jurnal.i3batu.ac.id/me/article/view/55.
Wahyuni, Sri. “Profesi Guru Adalah Panggilan Ilahi.” Jurnal Antusias 3, no. 5 (2014): 147–160. https://www.sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/antusias/article/view/18.
Warsono, and Hariyanto. Pembelajaran Aktif. Teori Dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdajarya, 2014.
Wayong, Mohammad. “MENUJU ERA GLOBALISASI PENDIDIKAN: Tantangan Dan Harapan Bagi Perguruan Tinggi Di Tanah Air.” Jurnal Inspiratif Pendidikan 6, no. 2 (2017): 219–234. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/5223.
Wijaya, David. “Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Berbasis Kompetensi Guru Dalam Rangka Membangun Keunggulan Bersaing Sekolah.” Jurnal Pendidikan Penabur 8, no. 12 (2009): 68–89.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Teologi Injili
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.