Efisiensi Program Pelayanan Remaja Sekolah Tinggi Theologia Abdi Tuhan Injili Bagi Pertumbuhan Spiritual Remaja Marturia di Anjungan, Kalimantan Barat
DOI:
https://doi.org/10.55626/jti.v2i2.28Keywords:
efisiensi, program pelayanan, spiritual remaja, STT ATIAbstract
Kaum muda merupakan generasi penerus yang perlu untuk diperlengkapi baik secara intelektual maupun spiritual. Kualitas spiritual akan terbentuk ketika program yang dimiliki bagi kaum muda adalah program yang tepat. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program yang disusun dan yang dilaksanakan oleh persekutuan remaja Marturia serta hasil yang diperoleh dari program remaja Marturia. Selanjutnya dari hasil tersebut, memberikan rekomendasi demi peningkatan program kedepan. Adapun metode penelitian yang digunakan didalam penelitian ini yakni bentuk desain penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif-deskriptif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil evaluasi terkait lima program remaja marturia yakni program dalam bentuk penyampaian firman Tuhan, pembicara dalam ibadah, musik dalam ibadah, model ibadah serta program ajangsana menunjukkan program yang efisien berdasarkan hasil kategori kelayakan masing-masing program dan hasil evaluasi penilaian pembina terhadap program marturia dan proses ibadah marturia menunjukkan program yang efisien berdasarkan tingkat kelayakan. Dengan demikian hasil evaluasi ini menjadi acuan kedepan untuk dapat ditingkatkan menjadi program yang efisien dengan tingkat yang sangat layak. Dengan demikian pertumbuhan spiritualitas kamu muda akan bertumbuh dengan baik.
References
Arikunto Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Rineka Cipta., n.d.
Awang, Jellyan Alviani, Iky S. P. Prayitno, and Jacob D. Engel. “Strategi Pendidikan Agama Kristen Bagi Remaja Dalam Membentuk Konsep Diri Guna Menghadapi Krisis Identitas Akibat Penggunaan Media Sosial.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 4, no. 1 (2021): 98–114.
Bako, Hanna Veronika. “Pengaruh Keluarga Kristen Terhadap Pembentukan Watak Remaja Kristen Usia 12-17 Tahun Gkpi Pagar Beringin Kecamatan Sipoholon 2019.” Areopagus : Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen 18, no. 1 (2020): 11–20.
Budijanto, Bambang. Dinamika Spiritualitas Generasi Muda Kristen Indonesia. Jakarta: Yayasan Bilangan Research Center, 2018.
Christian, Ivan. “Remaja Dalam Budaya Keluarga: Kontribusi Teori Urie Bronfenbrenner Bagi Pelayanan Kaum Muda.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 5, no. 1 (2022): 15–32. https://jurnalbia.com/index.php/bia/article/view/301.
Garey, Evans. “Identitas Diri Remaja: Persepsi Diri Remaja Terhadap Domain Kehidupan, Pentingnya Tuhan, Dan Religiositas.” Jurnal Youth Ministry 4, no. 2 (November 1, 2016): 109–119. https://ojs.sttaa.ac.id/index.php/JYM/article/view/447.
Haryanti, Fitri Harsono. “Jokowi: Bonus Demografi Adalah Tantangan Dan Kesempatan Besar.” Liputan6.com. Jakarta, 2019.
Kristianto, Paulus Eko. “Pelayanan Pastoral Guru Pendidikan Agama Kristen Bagi Remaja Di Sekolah.” Jurnal PendidikanPenabur 31, no. 17 (2018): 83–94.
Peter, Ramot. “Peran Orangtua Dalam Krisis Remaja.” Humaniora 6, no. 4 (2015): 453–460.
Priyatna, Novel. “Peran Guru Kristen Sebagai Agen Restorasi Dan Rekonsiliasi Dalam Mengembangkan Karakter Kristus Pada Diri Remaja Sebagai Bagian Dari Proses Pengudusan.” Jurnal Polyglot 13, no. 1 (2017): 1–10.
Rungkat Nova Jelly. “Pentingnya Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Pemuda Dalam Meningkatkan Spiritualitas Pemuda Menurut Teori Wychoff.” LUXNOS JURNAL SEKOLAH TINGGI TEOLOGI PELITA DUNIA 8 (2022): 26.
Saputra, Denny Surya. “Perkembangan Spiritual Remaja SMA Dharma Putra.” Jurnal psikologi 16, no. 2 (2018): 60–67.
Setiawan, David Eko, Eliezer Mei Kriswanto, Herman Giawa, Marthinus Usior, and Yakub Sozisokhi Hulu. “Khotbah Kreatif: Sebuah Usaha Pembinaan Warga Gereja Untuk Menarik Remaja Kristen Bergereja.” Davar: Jurnal Teologi 2, no. 1 (2021): 17–29.
Simanjuntak, Junihot M. “Belajar Sebagai Identitas Dan Tugas Gereja.” Jurnal Jaffray 16, no. 1 (2018): 1.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2018.
Telaumbanua, Arozatulo. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (2018): 219–231.
Wirawan. Evaluasi Teori, Model, Metodologi, Standar, Aplikasi Dan Profesi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2016.
Zega, Yunardi Kristian. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga: Upaya Membangun Spiritualitas Remaja Generasi Z.” Jurnal Luxnos 7, no. 1 (2021): 105–116.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Teologi Injili
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.