Kepemimpinan Transformasional Berbasis Narasi Musa: Sintesis Keluaran 18:13–27 dan Teori Burns-Bass dalam Pendidikan Kristen

Authors

  • Sherly Mudak Sekolah Tinggi Teologi Arrabona Bogor, Indonesia
  • Edu Arto Silalahi Sekolah Tinggi Teologi Arrabona Bogor, Indonesia
  • Mukhlis Manao Sekolah Tinggi Teologi Arrabona Bogor, Indonesia
  • Sumarno Sumarno Sekolah Tinggi Teologi Arrabona Bogor, Indonesia
  • Leniwan Darmawati Gea Sekolah Tinggi Teologi ATI Anjungan Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55626/jti.v5i1.229

Keywords:

Kepemimpinan Transformasional, Kepemimpinan Musa, Keluaran 18:13–27, Teori Burns-Bass, Pendidikan Kristen

Abstract

Kepemimpinan dalam pendidikan Kristen menuntut lebih dari sekadar kemampuan manajerial; ia memerlukan pendekatan yang membina, mentransformasi, dan berakar pada nilai-nilai rohani. Permasalahan umum yang diangkat dalam penelitian ini adalah belum adanya kepemimpinan yang secara integratif menggabungkan teori kepemimpinan modern dengan narasi kepemimpinan Alkitabiah dalam konteks pendidikan Kristen. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan kepemimpinan transformasional yang berlandaskan teladan kepemimpinan Musa dalam Keluaran 18:13–27 serta teori Burns dan Bass. Teori kepemimpinan transformasional digunakan sebagai kerangka analisis utama, dengan empat dimensinya: inspirational motivation, idealized influence, individualized consideration, dan intellectual stimulation. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan, melalui analisis literatur akademik dan eksposisi teks Alkitabiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Musa merefleksikan prinsip-prinsip kepemimpinan transformasional melalui delegasi tugas yang bertanggung jawab, pembinaan rohani yang terarah, dan pewarisan nilai-nilai spiritual. Berdasarkan temuan tersebut, dirumuskan penerapan kepemimpinan transformasional dalam pendidikan Kristen yang terdiri dari tiga komponen utama: delegasi yang bertanggung jawab, mentoring yang terarah, dan pembentukan karakter rohani. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa integrasi antara teori modern dan narasi biblis dapat menghasilkan kepemimpinan yang kontekstual, aplikatif, dan relevan bagi pembinaan pemimpin pendidikan Kristen masa kini yang berorientasi pada transformasi iman, karakter, dan tanggung jawab pelayanan.

References

Abolade, Gabriel Oluwaseyi. “Transformational Leadership Approach for Sustainable Christian Mission Engagement in the Community.” International Council for Education Research and Training 02, no. 02 (2024): 60–74.

Banks, Robert J, and Bernice M Ledbetter. Reviewing Leadership (Engaging Culture): A Christian Evaluation of Current Approaches. Baker Academic, 2004.

Bass, Bernard M. “Transformational Leadership: Industrial, Military, and Educational Impact” (1998).

Bass, Bernard M, and Bruce J Avolio. Transformational Leadership: Industrial, Military, and Educational Impact. sage, 1994.

Bass, Bernard M, and Ronald E Riggio. Transformational Leadership. Psychology press, 2006.

Bernard M, Bass. Leadership and Performance Beyond Expectations. Bernard M. Bass ebook PDF download, 1985.

Burns, James MacGregor. Transforming Leadership: A New Pursuit of Happiness. Grove Press, 2004.

Christian, Avi, Lely Natalia, Joni A Bangun, and Siti Hadijah. “Toward a Christian Transformational Leadership.” Manna Rafflesia 9, no. 1 (2022): 53–64.

Cracknell, David. “Christian Leadership in Education.” Christian faith, formation and education (2018): 229–243.

Dixon, Kenneth S. “Christian Leaders as Educators: Leading a Culture of Learning and Innovation.” Modern Metaphors of Christian Leadership: Exploring Christian Leadership in a Contemporary Organizational Context (2020): 171–189.

Djajadi, Soewieto. “Mereduksi Perilaku Dan Budaya Koruptif: Upaya Pembentukan Karakter Anti Korupsi Dalam Perspektif Etis Teologi.” Manna Rafflesia 10, no. 1 (2023): 194–205. https://journals.sttab.ac.id/index.php/man_raf/article/view/374.

Hamzah, Amir. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research): Kajian Filosofis, Teoritis Dan Aplikasi Proses Dan Hasil. Edited by Indi Vidyafi. 1st ed. Depok: PT RajaGrafindo Persada, 2022.

Hanapi, Emirta Z A S, and Teguh Triwiyanto. “Inovasi Kepala Sekolah Transformasional Di Daerah Blankspot Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Proceedings Series of Educational Studies (2025): 70–76.

Lafau, Yurisman, Anwar Three Millenium Waruwu, and Ruth Judica Siahaan. “Membimbing Generasi Z Dan Alpha: Strategi Kepemimpinan Kristen Dalam Era Digital.” TEOLOGIS, RELEVAN, APLIKATIF, CENDIKIA, KONTEKSTUAL 3, no. 1 (2024): 112–128.

Lee, Saya. “A Reconsideration on the Leadership of Moses as the Servant of the Lord.” Journal of Human-Centric Research and Social Sciences 1, no. 1 (2020): 27–32.

Lie, Tan Lie, and Fandy Prasetya Kusuma. “Model Kepemimpinan Berkelanjutan: Sebuah Kajian Kritis Kepemimpinan Dan Manajemen Tokoh Musa Berdasarkan Keluaran 18: 1-27” (2022).

Lunenburg, Frederick C, and Allan Ornstein. Educational Administration: Concepts and Practices. Sage Publications, 2021.

Mudak, Sherly, and Ferdinan Samuel Manafe. “Integritas Kepemimpinan Berdasarkan Titus 1: 6-7 Bagi Pelayan Tuhan Di Gereja Lokal.” JURNAL SABDA HOLISTIK 1, no. 1 (2025): 1–12.

Mudd-Fegett, Kimberly, and Helen K Mudd. “Transformational Leadership.” In Transformational Learning in Social Work and Human Services Education, 63–83. IGI Global, 2024.

van Rensburg, Mari Jansen, and Angelo Nicolaides. “An Analysis of Theological and Strategic Management Perspectives of Moses as a Leader.” Pharos Journal of Theology 96, no. 1 (2015).

Sciberras, Paul. “Jethro and Moses in Dialogue (Exodus 18: 8–26): Ethics of Communitarian Responsibility.” Religions 14, no. 5 (2023): 587.

Sherly Mudak, Engse Mbura. “Pelayanan Pendampingan Remaja Di Gereja Bethel Sepat Kalimantan Barat.” Ra’ah: Journal of Pastoral Counseling 4, no. 1 (n.d.): 17–34.

Sigiro, Adi Suhenra. “Kepememimpinan Musa Sebagai Pedoman Bagi Pemimpin Rohani Di Gereja Masa Kini.” ILLUMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 6, no. 1 (2023): 71–90.

Squires, Vicki. “Northouse. Leadership: Theory and Practice .” Canadian Journal of Educational Administration and Policy, no. 185 (2018).

Tambunan, Fernando. “Karakter Kepemimpinan Kristen Sebagai Jawaban Terhadap Krisis Kepemimpinan Masa Kini.” Illuminate: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2018): 81–104.

Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, and Yudi Hendrilia. “Peran Guru PAK Sebagai Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian Dan Karakter Peserta Didik Reni.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 1, no. 2 (2021): 124–143.

Vasile, Adrian. “God Educator Of The Jewish People. Old Testament Aspects.” Jurnalul Libertății de Conștiință 12, no. 2 (2024): 141–153.

Ventura, Heidi R. “Authentic Leadership Development in the Life of Moses.” True Leadership: Leadership Styles and the Kenotic Relationship (2020): 91–108.

Wang, Claudia, Monique Zhang, Ali Sesunan, and Laurencia Yolanda. “Peran Teknologi Dalam Transformasi Pendidikan Di Indonesia.” Kemdikbud 4, no. 2 (2023): 1–7.

Wenzel, Heiko. “Reading Exodus 18 and Robert Greenleaf.” Servant Leadership, Social Entrepreneurship and the Will to Serve: Spiritual Foundations and Business Applications (2019): 29–46.

Windarwati, Maria Titik, Junio Richson Sirait, Hestyn Natal Istinatun, Tamba Parulian, and Emeliana Emeliana. “Relevansi Transformational Leadership Di Lembaga Pendidikan Kristen.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 2, no. 1 (2021): 1–12.

Downloads

Published

2025-06-26

How to Cite

Mudak, S., Silalahi, E. A., Manao, M., Sumarno, S., & Gea, L. D. (2025). Kepemimpinan Transformasional Berbasis Narasi Musa: Sintesis Keluaran 18:13–27 dan Teori Burns-Bass dalam Pendidikan Kristen. Jurnal Teologi Injili, 5(1), 75–90. https://doi.org/10.55626/jti.v5i1.229

Issue

Section

Articles