Pendidikan Agama Kristen Dewasa: Tantangan, Strategi, dan Implikasi Bagi Pengembangan Spiritualitas dalam Konteks Sosial-Budaya Modern
DOI:
https://doi.org/10.55626/jti.v5i1.165Keywords:
PAK Dewasa, Tantangan, Strategi, Pengembangan Spiritualitas, Sosial-Budaya ModernAbstract
Pendidikan Agama Kristen dewasa memiliki peran penting dalam membentuk spiritualitas dan pemahaman iman mendalam, terutama dalam menghadapi tantangan kehidupan modern. Pendidikan agama Kristen bagi orang dewasa menghadapi tantangan akibat perubahan sosial-budaya, seperti sekularisme, individualisme, keterbatasan waktu, rendahnya motivasi belajar, serta pluralisme dan relativisme nilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan, strategi, dan dampak pendidikan agama Kristen dewasa dalam konteks sosial-budaya modern, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan pendidikan agama Kristen yang lebih relevan dan kontekstual. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan. Data diperoleh melalui studi pustaka yang mencakup seperti buku, jurnal, artikel, dan dokumen terkait yang membahas topik ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama Kristen dewasa menghadapi tantangan besar, seperti dampak globalisasi, sekularisasi, dan perkembangan teknologi, yang mempengaruhi cara berpikir dan keterlibatan orang dewasa dalam kegiatan keagamaan. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang lebih sesuai, seperti pembelajaran berbasis pengalaman, pendekatan kontekstual, dan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Selain itu, penting untuk mengintegrasikan ajaran agama Kristen dengan kehidupan sehari-hari guna memperdalam pemahaman iman peserta didik dewasa. Implikasi dari penelitian ini adalah gereja dan lembaga pendidikan perlu mengembangkan kurikulum serta metode pengajaran yang dapat mengatasi tantangan tersebut, sekaligus mendorong terbentuknya komunitas Kristen dewasa yang memiliki nilai-nilai iman yang kokoh.
References
Abdussamad, Zuchi. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press, 2021.
Antone, Hope S. Pendidikan Kristiani Kontekstual. Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 2010.
Auxier, Brooke, Dan, and Monica Anderson. “Penggunaan Media Sosial Pada Tahun 2021.” Penggunaan Media Sosial Pada Tahun 2021.
Hasugian, Johanes Waldes. “Kurikulum Pendidikan Kristen Bagi Orang Dewasa Di Gereja.” KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 5, no. 1 (2019): 36–53.
Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2018.
Jelly, Rungkat Nova. “Pentingnya Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Pemuda Dalam Meningkatkan Spiritualitas Pemuda Menurut Teori Wychoff.” Luxnos Jurnal Sekolah Tinggi Teologi Pelita Dunia 8, no. 1 (2022): 25–39. https://luxnos.sttpd.ac.id/index.php/20_luxnos_20/article/view/nova_2022.
Knowles, Malcolm. The Adult Learner: The Definitive Classic in Adult Education and Human Resource Development. New York: Routledge, 2014.
Krismawati, Yeni. “Teori Psikologi Perkembangan Erik H. Erikson Dan Manfaatnya Bagi Tugas Pendidikan Kristen Dewasa Ini.” Kurios 2, no. 1 (February 2018): 46.
Langi, Elsjani Adelin, Julio Eleazer Nendissa, Jeniar Rainhard Kowal, and Fransiskus Gregorius Nyaming. “Cultural Transformation through Contextual Mission Approach in the Digital Age.” Studia Philosophica et Theologica 25, no. 1 (April 2025): 17–33.
Legi, Ribka Ester, and Anita Grays Pantow. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Xairete: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 2 (2022): 131–145.
Liud, Yahya Herman, Johan Atang, and Julio Eleazer Nendissa. “Exploring Jesus’ Teaching Methods: Effective Strategies for 21st-Century Education.” Journal Didaskalia 7, no. 2 (October 2024): 74–84.
Manao, Martin Luther, Mukhlis Manao, Asmat Purba, and Alon Mandimpu Nainggolan. “Spiritualitas Dan Urgensi Pemuridan Bagi Generasi Milenial.” DIDASKALIA: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2022): 11–25.
Marneci, Yuherlita, and Yuel. “Pendekatan Andragogi Dalam Pembinaan Kecakapan Hidup Orang Dewasa Melalui Pendidikan Agama Kristen.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 4, no. 2 (October 2024): 200–211.
Mendrofa, Yuliani. “Transformasi Spiritual Melalui Pendidikan Agama Kristen Untuk Orang Dewasa.” REGULA FIDEI Jurnal Pendidikan Agama Kristen 9, no. 2 (2024): 224–231.
Nendissa, J. E. “Pentingnya Partisipasi Pemuda Dalam Pembangunan Jemaat: Studi Kasus Pada Gereja Masehi Injili Minahasa Syaloom, Karombasan.” Kharismata: Jurnal Teologi Pantekosta 5, no. 1 (2022): 66–80.
Nendissa, Julio. “Peran Kitab Keagamaan Terhadap Perkembangan Iman Pemuda Gereja Dalam Pendidikan Kristen.” DIDASKALIA: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 2, no. 2 (2021): 44–55.
Nendissa, Julio Eleazer, Elsjani Adelin Langi, Anita Grays Freidelien Pantow, Damaris Tonapa, and Refail D.P. Sampepadang. “Analisis Keefektifan Dan Tantangan Etis Terhadap Peran Ai Dalam Meningkatkan Pembelajaran Multikultural.” The Way: Jurnal Teologi dan Kependidikan 11, no. 1 (March 2025): 90–107.
Nendissa, Julio Eleazer, Ridwan Henry Simamora, Dewi Magdalena Rotua, Pangeran Guntar Wijaya Baringbing, and Sarah Farneyanan. “Pluralisme Agama-Agama: Tantangan, Peluang, Dan Perspektif Teologis dalam Membangun Kerukunan Umat Beragama Di Indonesia.” SAMI: Jurnal Sosiologi Agama dan Teologi Indonesia 2, no. 2 (2024): 155–184.
Nendissa, Julio Eleazer, Sureni Sureni, Ceril Maria Manusiwa, and Jeniar Rainhard Kowal. “Percakapan Konseling dengan Masyarakat Akar Rumput (Termarjinalkan) Di Kota Manado.” Jurnal PKM Setiadharma 6, no. 1 (April 2025): 43–55.
Pujiono, Andrias, and Andrikho Andrikho. “Peranan PAK Dewasa dalam Menumbuhkan Kesadaran Spiritualitas Dewasa Madya Untuk Menghadapi Krisis di Masa Dewasa Lanjut.” Jurnal Teologi Injili 2, no. 2 (December 2022): 139–150.
Purnama, Wahyu Sapta, Victor Deak, and Ribka Siwalette. “Peninjauan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Kristen Dengan Perspektif Aksiologi.” Formosa Journal of Multidisciplinary Research 1, no. 3 (July 2022): 569–580.
Rahman, Fitriyani Rahman. “Realisasi Iman Dalam Kehidupan Sosial,” November 2020.
Ridwan, Irwan Muhammad. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa.” Journal of Teaching and Learning Physics 4, no. 1 (September 2019): 21–27.
Salombe, Yafet Sapan, Yosafat Gratia Prasetyo, and Ronald Aulu. “The Doctrine of the Holy Spirit in the Confession of the Toraja Church and Its Implementation for the People of the Toraja Church Leppan Congregation.” Proskuneo: Journal of Theology 1, no. 2 (March 2025): 81–93.
Santi Verawati Purba, Afni Sridefi Pardede Putih, Delima Sidabutar, and Damayanti Nababan. “Pentingnya Pendidikan Agama Kristen Bagi Orang Dewasa.” Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 1, no. 4 (October 2022): 97–109.
Sapatandekan, Imel Yovita, Hendi Hendi, Sugianto Halim, and Yusuf Slamet Handoko. “Jesus’ Prayer as a Contemplative Practice: Inner Transformation and Encounter with the Divine.” Proskuneo: Journal of Theology 1, no. 2 (March 2025): 58–68.
Sari, Milya, and Asmendri Asmendri. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science 6, no. 1 (June 2020): 41–53.
Sibuea, Ezra Yani, Yonatan Alex Arifianto, and Rusmiati Rusmiati. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Orang Dewasa.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen) 4, no. 2 (August 2022): 166–174.
Simanjuntak, Junihot M. Desain Dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2023.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Sulistyowati, Nur Wahyuning. “Implementasi Small Group Discussion Dan Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi IKIP PGRI Madiun.” Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan 5, no. 2 (April 2017): 173–190.
Syahroni, Mashud. “Pelatihan Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Guna Peningkatan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh.” International Journal of Community Service Learning 4, no. 3 (September 2020).
Tanaem, Norma Selfi, Akwila Priska Ibu, and Julio Eleazer Nendissa. “Religiusitas Yesus Di Tengah Yang Lain Dari Perspektif Emmanuel Levinas.” SOPHIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 3, no. 2 (December 2022): 82–94.
Toding, Sarah Priska, Jusuf Agustian Widodo, Pangeran Guntar Wijaya Baringbing, Yared Efriadi Tneh, and Julio Eleazer Nendissa. “Penerapan Kepemimpinan Alkitabiah Dalam Pertumbuhan Jemaat Di GESBA The Newlife Jakarta.” Jurnal Teologi dan Pelayanan Kerusso 10, no. 1 (April 2025): 166–180.
Tonapa, Damaris, Ribka Esther Legi, Anatje Ivone Sherly Lumantow, Yahya Herman Liud, and Anastacia Jennifer Alexandrina Mailoor. “Membangun Karakter Kristiani Melalui Pendekatan Kontekstual dalam Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Excelsior Pendidikan 6, no. 1 (2025): 14–28.
Wahyuni, Rina. “Refleksi: Pendekatan Untuk Meningkatkan Profesional dalam Praktik Mengajar.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 1, no. 1 (November 2020): 185–192.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Teologi Injili

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.