Peran Pengawas Pendidikan Dalam Melakukan Pembinaan Dan Peningkatan Kemampuan Guru Selama Pendemi

Authors

  • Minta Minaria Mahasiswa Pascasarjana Magister Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
  • Talizaro Tafonao Sekolah Tinggi Teologi Real Batam

DOI:

https://doi.org/10.55626/jti.v1i1.5

Keywords:

Pengawas Pembinaan Peningkatan Kemampuan Guru Covid-19

Abstract

Tujuan dalam penulisan artikel ini melihat bagaimana peran pengawas dalam mengefektifkan pelaksanaan pembelajaran dalam sistem daring. Pembinaan, supervisi dan monitoring yang sudah dilaksanakan selama ini terlihat belum maksimal dengan berbagai kendala yang dihadapi. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah metode penelitian kuantitatif. Hasil yang didapatkan melalui kegiatan ini adalah (1) Guru mampu memahami penerapan PJJ dan merancang Rencana pelaksanaan Pembelajaran jarak jauh (PJJ), (2) Guru mampu merencanakan pelaksanaan pembelajaran BDR yakni membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) yang simple dengan cara memilih metode dan menyajikan materi pembelajaran yang sesuai kondisi penanganan dalam menghadapi masa darurat Covid-19, (3) Guru mampu menggunakan IT seabgai penunjang dalam pelaksanaan PJJ untuk memfasilitasi anak dalam kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR). Dengan demikian bahwa pelaksanaan kegiatan monitoring terhadap pembinaan kepada guru-guru selama pandemi dapat berpengaruh positif dalam kinerjanya.

References

Adriana Damayanthi. “Efektifivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Perguruan Tinggi Katolik.” Jurnal Pendidikan Vol.19, no. No.3 (2020): 1.

Carl D. Glickman, Stephen P. Gordon, and Jovita M. Ross-Gordon. Supervision and Instructional Leadership: A Developmental Approach. Bostom: Amazon, 2007.

Darmadi, Hamid. Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial. Bandung: Alfabeta., 2013.

Fajirillah, Putra. Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Teknik Diskusi Kelompok. Banda Aceh: MTsN 2 Banda Aceh, 2019.

Hadis, L., & Muna, W. “Pengelolaan Eknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (e-Learning).” Jurnal Al-Ta’dib Volume 8, no. No.2 (2015): 127.

Haqien, Danin, and Aqiilah Afiifadiyah Rahman. “Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 5, no. 1 (2020).

Iskandar, Dedi dan Udik Budi Wibowo. “Peran Pengawas Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan SMP Di Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol.9, no. No.2 (2016): Hal.182.

Kuntarto, Eko. “Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi.” Journal Indonesian Language Education and Literature 3, no. 1 (2017): 53–65.

Mustopa, Ahmad Jaenal, and Dasrun Hidayat. “Pengalaman Mahasiswa Saat Kelas Online Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Selama Covid-19.” Digital Media & Relationship 2, no. 2 (2020): 75–84.

Nugrahani, F., & Hum, M. Metode Penelitian Kualitatif. solo, 2014.

Rita Susila Wardani. “STUDI FENOMENOLOGI : PROBLEMATIKA GURU DAN WALI MURID SAAT PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR.” JPGSD 9, no. nomor 2 (2021): 1634–1646.

Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” Biodik 6, no. 2 (2020): 109–119.

Safitri, Hilda. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Riau: Universitas Riau, 2019.

Downloads

Published

2021-07-01

How to Cite

Minta Minaria, & Talizaro Tafonao. (2021). Peran Pengawas Pendidikan Dalam Melakukan Pembinaan Dan Peningkatan Kemampuan Guru Selama Pendemi. Jurnal Teologi Injili, 1(1), 34–47. https://doi.org/10.55626/jti.v1i1.5

Issue

Section

Articles